Selasa, 06 Maret 2012

PENGERTIAN DAN KEDUDUKAN PSIKOLOGI

Apa sih psikologi itu? Kebanyakan orang hanya tahu psikologi adalah ilmu tentang kejiwaan. Tetapi bukan hanya tentang kejiwaan saja ternyata, banyak sudut pandang lain yang bisa dijadiakan sebagai definisi  dari psikologi.
A.    Definisi Psikologi
Di lihat dari sudut terminology kata psikologi terdiri dari 2 macam kata yakni psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Berarti psikologi adalah ilmu pengertahuan tentang jiwa , tidak terbatas pada jiwa manusia saja tapi termasuk juga jiwa binatang dan sebagainya.
Terdapat perbedaan pendapat dari para ahli tentang definisi dari psikologi.
a.    Wilhem Wundt (1832-1920)
Memberikan batasan pengertian psikologi sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari/menyelidiki pengalaman yang timbul dari dalam diri manusia seperti pengalaman perasaan, panca indra, merasakan sesuatu, berfikir dan berkehendak ; bukannya mempelajari /menyelidiki pengalaman diluar diri manusia karena pengalaman demikian menjadi objek penyelidikan ilmu pengetahuan alam (fisika)*
b.    Jhon Broadus Warson (1842-1910)
Warson tidak menggunakan metode introspeksi karena metode ini bersifat subyektif akan tetapi observasi antara lain dengan eksperimen maka hasilnya objektif bias diperoleh. Dia juga menolak teori mentalistis yang menjadikan kegiatan hidup kejiwaan seperti panca indra, merasa, persepsi (lukisan jiwa), pikiran dan pengalaman sadar dsb sebagai obyek penyelidikan psikologi. Scope (ruang lingkup) psikologi meliputi tingkah laku manusia dan binatang. Paham Watson demikian disebut Behaviorisme (paham yang menitikberatkan pada tingkah laku lahiriah).
c.    Gustav Fechner
Pelopor aliran psikofisika**, mendefinisikan psikologi sebagai ilmu pengetahuan mempelajari tentang hubungan antara jasmani dan rohani manusia.
d.    George A. Miller
Seorang sarjana Psikolog AS mendefinisikan psikologi sebagai ilmu psikologi dengan demikian mempunyai objek pembahasan yang berupa pengetahuan tentang mental manusia. Berbeda dengan Wiliam James yang membatasi obyek pembahasan psikologi hanya pada jiwa sadar manusia sehat,terdidik dsb. Jiwa binatang tidak menjadi objek pembahasannya.
e.    Floyd L. Rich
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang membahas tentang proses penyesuaian diri manusia yang berupa tingkah laku yang berusaha memenuhi kebutuhan hidup sosialnya. Jadi yang dijadikan obyek penelitian adalah tingkah laku yang berhubungan dengan proses penyesuaian diri.
f.    Menurut Fillmore H. Sanford
Psikologi adalah pengetahuan yang mellakukan studi tentang proses selama hidup manusia. Ini merupakan usaha untuk mencari hokum serta aturan yang Nampak dalam interaksi seseorang dengan dunia sekitarnya.
Para ahli psikologi yang beraliran funktionalistis lebih menitikberatkan pada proses keseluruhan fungsi kejiwaan dilihat dari proses adjustment (penyesuaian diri)
g.    Percival M. Symond
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang tidak hanya membahas tentang pengalaman manusia saja atau tingkah laku manusia saja  tapi ia mempelajari tentang pengalaman, kegiatan rohani dan ringkah laku dalam hubungannya dengan sikap responsive serta penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitarnya.
h.    Hubert Bonner menyimpulkan psikologi social adalah studi ilmiah tentang tingkah laku manusia.
Pdikologi sebagai ilmu, psikologi merupakan pengetahuan yang diperoleh dengan pendekatan ilmiah dan penelitian ilmiah.
*antara psikologi dan Fisika saling bertolak belakang. Psikologi sebagai ilmu yang berdiri sendiri/terpisah dari filsafat dan ilmu alam.
**aliran ilmu jiwa yang bercorak ilmu alam, jadi antara psikologi dan ilmu alam saling berkaitan.

Source : Lukluk,sitibandiyah.2010.Psikologi Kesehatan. Jogja: Nuha medika

1 komentar: