Sabtu, 02 Agustus 2014

PROFIL DESA TELUK ANGGUNG, KEC. NAPAL PUTIH #KKNUNIB73

KKN unib periode 73 aku dapat lokasi di desa Teluk anggung kecamatan Napal Putih kabupaten Bengkulu Utara. jujur ini pertama kali mendengar nama desa itu dan sama sekali buta info tentang desa itu. awal-awal coba cari profil desa diinternet dan gak dapat, akhirnya merasa bakal terdampar di suatu desa antah barantah. lebay.
sekarang sudah satu bulan menempati desa itu, ternyata suasana masih sangat asri dan nyaman, pedesaan banget deh. ini ada sedikit informasi tentang profil desa teluk anggung. suapaya banyak yang kenal dan tertarik untuk emngunjingi desa ini. siapa tau :D hehhehe



Sejarah Berdirinya Desa Teluk Anggung
Desa Teluk Anggung merupakan desa yang subur bahkan diprediksi banyak mengandung Batu Bara. Adapun sejarah Desa Teluk Anggung dikarenakan ditempat itu terdapat teluk atau sungai yang besar dan disekitarnya tumbuh pohon anggung yang menyerupai pohon rambutan. Kemudian pada suatu ketika ada kendala yang ditemui oleh nenek moyang dengan penduduk di ladang yang berada di sekitar sungai. Nenek tersebut meminta api kepada seorang anak yang tinggal di atas sungai, setelah memberikan api kepada nenek tersebut anak itu tetap mengikuti nenek tadi dan melihat nenek tersebut masuk ke dalam sungai dengan membawa api ke dalam sungai dan api itu tidak padam.
Suatu ketika anak tersebut ingin memasak tetapi kesulitan untuk mendapatkan kunyit, tidak lama kemudian anak itu bertemu dengan nenek dan nenek itu bertanya apakah yang engkau cari nak ? saya mencari kunyit nek untuk memasak, nenek tersebut menawarkan kapada anak tadi untuk ikut ke rumah nenek. Setelah tiba di tepi sungai anak tadi diminta untuk menunggu sebentar dan nenek tadi masuk ke sungai, tidak lama kemudian nenek keluar dan memberikan kunyit kepada anak tersebut dan kembali ke rumah.
Setelah anak itu tiba dirumah, orang tua dari anak itu terkejut dan bertanya dari mana ia mendapatkan kunyit itu yang ternyata sebongkah emas yang menyerupai kunyit. Anak tersebut menceritakan semua kejadian dari nenek meminta api dan memberikan kunyit, setelah mendengar kejadian tersebut semua warga di desa tersebut merasa segan dan takut untuk sembarangan melakukan kegiatan di sungai dan hingga sekarang desa ini disebut dengan Desa Teluk Anggung.

Demografi Desa
            Letak Desa Teluk Anggung berada di Kecamatan Napal Putih Kabupaten Bengkulu Utara dengan luas wilayah 2.500 Ha. Adapun batas wilayah Desa Teluk Anggung adalah sebagai berikut :
·                     Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Trans Air Tenang
·                     Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Muara HDR
·                     Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Tanjung Kemenyan
·                     Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Air Tenang

Wilayah Desa Teluk Anggung memiliki keadaan topografi dengan kondisi tanah yang berelief dengan permukaan tanah yang bergelombang, terdiri dari selatan, daerah berbukit-bukit di beberapa tempat terdapat aliran sungai besar dan kecil. Dengan iklim dan temperatur rata-rata tahunan dari 220C – 240C dengan curah hujan tahunan 2.500 – 4.000 mm.

Keadaan Sosial
Desa Teluk Anggung berpenduduk mayoritas suku jawa dan sebagian bersuku asli (pekal). Dengan kondisi sosial masyarakat yang berbeda-beda yaitu : Petani karet, petani sawit, Kopi, Buruh tani, tukang, pemborong, mekanik, pegawai negeri sipil, warung, pengobatan tradisional,dukun beranak, tukang urut,tukang pijat refleksi dan paranormal.
Desa Teluk Anggung mempunyai jumlah penduduk 682 jiwa yang terdiri dari laki-laki 351 jiwa dan perempuan 321 jiwa dan 187 KK (LPPD, 2013 ).
Adapun rincian yang lebih detail sebagai berikut :

Tabel 1. Jumlah Penduduk
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
351
331
682

Tingkat pendidikan masyarakat Desa Teluk Anggung
Tabel 2. Tingkat Pendidikan
Pra sekolah
SD
SMP
SMA
Sarjana
57
107
60
91
5

Karena Desa Teluk Anggung merupakan Desa pertanian maka sebagian besar penduduknya bermata pencarian sebagai petani, selengkapnya sebagai berikut :
Kondisi sarana dan prasarana umum Desa Teluk Anggung secara garis besar adalah sebagai berikut :

Tabel 3. Sarana Dan Prasarana
NO
SARANA/PRASARANA
JUMLAH
SATUAN
KETERANGAN
1
Kantor Desa
1
Unit

2
Masjid
1
Unit

3
Musholla
2
Unit

4
Poskamling
4
Unit

5
SD Negeri
1
Unit

8
Tempat pemakaman umum
1
Unit

15
Perpustakaan Desa
1
Unit



Keadaan Ekonomi
Kondisi masyarakat Desa Teluk Anggung rata-rata bermata pencaharian sebagai petani yang sebagian besar petani sawit dan kater, sedangkan yang lainnya bekerja pada bidang non formal seperti tukang urut, bengkel, kuli bangunan, pedagang dan lain-lain.

sumber :

Anonim. 2013. Daftar Isian profil Desa Teluk Anggung. Bengkulu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar